Senin, 11 Februari 2013

PCMAV + ClamAV

PCMAV dalam mendeteksi virus, selain menggunakan engine-nya sendiri, juga dapat dipadukan dengan ClamAV. Kombinasi yang dihasilkan dari keduanya sungguh dahsyat untuk mendeteksi virus komputer. ClamAV merupakan program antivirus opensource untuk Unix yang berlisensi GPL v2.  Penggunaan double engine ini bertujuan  agar hasil pendeteksian virus bisa didapat lebih banyak lagi.

Database dari ClamAV sendiri saat ini mencapai 1.000.000 virus/ malware lebih. Tentu saja konsekuensi logis dari besarnya database ini adalah lebih lamanya proses pendeteksian dibanding tanpa engine  ClamAV, tapi tentu hasilnya pun lebih meyakinkan.

Untuk lebih jelasnya dalam mengintegrasikan ClamAV ini kedalam PCMAV, berikut urutan langkah-langkahnya :

1. Pertama buat folder baru dengan nama “PCMAV” (tanpa tanda kutip), kemudian download PVMAV 8.1 atau yang terbaru, lalu ektrak dan tempatkan file-file PCMAV 8.1 ke dalam folder PCMAV tadi.

2. Buat folder baru di dalam folder PCMAV dengan nama “plugins” (tanpa tanda kutip), kemudian dalam folder plugins dibuat folder lagi dengan nama “clamav” (tanpa tanda kutip) sehingga jadi “PCMAV\plugins\clamav”.

3. Download Microsoft.VC80.8.0.50727.6195.CRT.x86.7z dari alamat berikut :
Kemudian ekstrak dan tempatkan file-filenya (Microsoft.VC80.CRT.manifest, msvcm80.dll, msvcp80.dll, dan msvcr80.dll) ke dalam folder “PCMAV\plugins\clamav”.

4. Download clamav-win32-0.97.5.7z dari alamat berikut :
Kemudian ekstrak beberapa file berikut ke dalam folder :  “PCMAV\plugins\clamav”
- libclamav.dll
- libclamunrar.dll
- libclamunrar_iface.dll

5. Download dengan menggunakan download manager file database clamav dari alamat berikut ini :
Kemudian file main.cvd dan daily.cvd hasil download tadi di letakan ke dalam folder : “PCMAV\plugins\clamav”.

6. Setelah semua prosedur  di atas dilakukan, pastikan bahwa pada folder “PCMAV\plugins\clamav” telah terdapat 9 (sembilan) buah file, yaitu :
- Microsoft.VC80.CRT.manifest
- msvcm80.dll
- msvcp80.dll
- msvcr80.dll
- libclamav.dll
- libclamunrar.dll
- libclamunrar_iface.dll
- main.cvd
- daily.cvd

Sekarang Anda jalankan PCMAV.EXE, apabila ClamAV tersebut berhasil diintegrasikan oleh PCMAV maka akan tampil informasi mengenai database ClamAV pada bagian “Information”. Dan Anda sekarang dapat menggunakan PCMAV seperti biasa (termasuk RTP), tentunya dengan database virus yang lebih banyak.

Catatan :
Engine ClamAV lebih di tujukan sebagai sebuah SCANNER yang tidak dilengkapi prosedur Removal layaknya engine PCMAV. Maka dari itu, setiap virus yang terdeteksi oleh engine ClamAV hanya dapat dilakukan penghapusan file tanpa upaya penuntasan /perbaikan/pemulihan file dan system.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

. Berbagi Ilmu & Internet: PCMAV + ClamAV