Jumat, 09 Agustus 2013

Tips Mudik 2013

Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar penduduk Indonesia, khususnya bagi orang yang merantau dan bekerja di kota-kota besar ataupun di luar negeri. Mudik biasanya dilakukan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri atau yang biasa kita sebut Lebaran. Karena mayoritas sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam.


Banyak alat transportasi yang digunakan untuk mudik yakni bus, pesawat terbang, kapal laut, atau kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil pribadi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips mudik bagi pengguna kendaraan pribadi.

Ada 3 hal yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan kendaraan pribadi :
  1. Menyiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Hal yang perlu kita lakukan adalah mengecek fungsi Rem, hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat rem tidak berfungsi atau blong. Kemudian cek fungsi lampu-lampu,cek oli, cek kondisi ban & tekanan angin. Lebih aman lagi, sebaiknya anda lakukan service kendaraan anda pada bengkel sebelum melakukan mudik.
  2. Menyiapkan diri anda agar siap melakukan mudik. Apalagi mudik dengan perjalanan jauh, pastinya akan sangat melelahkan, untuk itu kondisi badan juga harus di perhatikan. Jangan karena anda ingin cepat sampai tujuan, anda memaksakan diri anda untuk berkendara dalam kondisi badan anda capek, atau mata ngantuk. Karena akan sangat BERBAHAYA, bisa terjadi kecelakaan yang tidak kita harapkan. Ada baiknya anda beristirahat sejenak jika anda lelah di perjalanan.
  3. Mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas di jalan. Hal ini juga penting karena selain menyangkut nyawa anda pribadi, ini juga menyangkut nyawa pengguna jalan lainnya. Ingat, berkendara ugal-ugalan sangat BERBAHAYA. Anda juga pasti tidak ingin kena tilang oleh polisi karena melanggar lalu lintas di jalan, misalnya berkendara melebihi kapasitas yang di ijinkan, tidak menggunakan alat pelindung di jalan seperti tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman.
Demikian tips mudik yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan anda bisa mudik dengan selamat dan bisa berkumpul dengan keluarga yang anda cintai. Saya pribadi mengucapkan "SELAMAT IDUL FITRI 1434 H, Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir Batin".
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

. Berbagi Ilmu & Internet: Tips Mudik 2013